pintarteknologi.com – Baik di minggu yang cerah ini saya akan kembali memberikan beberapa tips dan tutorial mengenai “Tutorial Setting Mikrotik Dengan Winbox untuk Pemula“. Untu cara setting mikrotik ini sangatlah penting terutama bagi kalian yang sekolah atau kuliah pada jurusan RPL atau jurusan Informatika. Karena pada waktu tertentu kalian akan bimbing untuk mempelajari cara setting mikrotik.

Pada bahasan kita kali ini akan membahas perihal cara setting mikrotik. Pertama kalian siapkan routernya, lalu laptop, beserta program winbox dan kabel LAN untuk menghubungkan router ke laptop. Hampir seluruh orang IT mengenal benda keramat ini, yaitu mikrotik. Mikrotik sendri adlaah router yang dapat mengubungkan beberapa jaringan. Dalam jaringan yang lebih kompleks router digunakan untuk memilih jalan untuk data agar mencapai ke komputer tujuan. Kalian dapat mempraktekan tutorial ini dengan mikrotik rb750. Mikrotik rb750 ini dapat kita pasang di rumah. Mikrotik rb750 sendiri merupakan router berukuran kecil dan memiliki harga yang terjangkau. Mikrotik rb750 dapat kita gunakan untuk keperluan koneksi/ jaringan baik dirumah, warnet, maupun kantor atau instasi tertentu.

Baca Juga :

Apabila kita ingin melakukan setting mikrotik kita memerlukan sebuah alat yang akan digunakan untuk setting mikrotik. Sebelum melakkannya seperti yang saya katakan sebelumnya, kalian diharuskan menyiapkan beberapa peralatan yang akan digunakan untuk setting mikrotik.

Yang pertama harus kita siapkan adalah winbox mikrotik. Winbox mikrotik sendiri merupakan Utility yang digunakan untuk melakukan remote ke server mikrotik kita dan winbox akan berjalan dalam mode GUI. Winbox mikrotik akan mengkonfirmasi mikrotik dalam sebuah text mode melalui pc itu sendiri. Pada saat mode GUI yang menggunakan winbox mikrotik, akan mengkonfigurasi mikrotik melalui komputer klien.

Baiklah kalian dapat menyimak dan mengikuti setiap langkah tutorial mikrotik dibawah ini, sebelum mengikuti tutorial mikrotik kalian download terlebih dahulu winbox-nya, yuk langsung simak saja tutorial mikrotik dibawah ini:

  • Jalankan winbox, sperti gambar dibawah ini, untuk RouterOS Mikrotik yang sudah dibeli biasanya ip=192.168.88.1 namun jika menggunakan mikrotik yang digunakan adalah PC-Computer ip bisa tergantung dengan ip yang di setting. Klik MAC Address dan pasword kosong lalu klik connect.
  • Maka akan tampil winbox mikrotik, klik remove configurationt untuk setting mikrotik sesuai keinginannya, langkah yang pertama arahkan pada menu intercafe yang artinya lancard atau card yang tersedia dan sudah teristal pada mikrotik. interface1 untuk Modem intercafe2 untuk Lan.
  • Bagaiman kelanjutanya untuk setting mikrotik ? untuk melanjutkan setting mikrotik via winbox langkah selanjutnya klik ip address, contoh 192.168.0.1/24 untuk Lan 192.168.1.2/24 untuk Modem. Seperti gambar dibawah ini.
  • Jika sudah selesai memberi ip addreess maka selanjutnya memberi ip route yang artinya ip route berfungsi sebagai IP Gatway Sumber internet, tentunya jika menggunakan speddy ip routenya 192.168.1.1.
  • Dst.Address berfungsi sebagai pembatas ip yang nantinya terhubung dengan jaringan tersebut atau biarkan saja agar semua ip bisa terhubung dengan RouterOS Mikrotik

  • Kemudian untuk melanjutkan nya klik ip firewall.
  • Maka akan tampil pada winbox Nat Firewall Chain=srcnat Out.interface=Modem/lan yang mengarah ke modem.
  • Arahkan menu dan klik Action, pada menu Action pilih masquerade dan klik OK.

“Untuk tes apakah berhasih setting mikrotik dengan winbox dengan cara ping 192.168.0.1(ip router gatway mikrotik) dan ping 192.168.1.1(ip gatway) jika reply from 192.168.1.1 maka setting sudah sukses.”

Demikian atas informasi yang dapat saya sampaikan perihal “cara setting mikrotik dengan winbox“, semoga dengan adanya informasi ini dapat membantu kalian untuk mempelajari lebih dalam apa itu jaringan. Terimakasih dan semoga bermanfaat bagi kalian.

Incoming search terms:

  • tutorial langkah membuat winbox dari ngerakit kabel

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here