Trik Unik Setelah Android di Root – Root merupkan sangat familiar di dunia android, hampir semua pengguna android mengenal apa itu yang dimaksud Root. Pada kesempatan kali ini kami akan membahas dan mengulas semuanya tentang root dan apa yang harus dilakukan seteah root.

trik-unik-setelah-android-di-root

Pengertian Root

Root pada android adalah memberi hak akses android secara penuh kepada pengguna atau pemiliknya. Pada dasarnya setiap produk android tidak memberikan haak akses sepenuhnya kepada penggunanya. Android umembatasi penggunanya untuk tidak menyentuh apalagi merubah sistem dari android itu sendiri.

Kata root bisa dimisalkan seperti anda membeli rumah baru, rubah baru itu diibaratkan sebagai android yang anda miliki. Pada rumah baru anda tersebut terdapat kamar atau ruangan yang bisa mengontrol apapun yang ada di rumah anda. Pembuat rumah tersebut melarang anda untuk masuk ke kammar atau ruangan kontrol tersebut. Seperti itulah perumpamaan anda ingin melakukan rooting pada android anda. Setelah anda berhasil rooting androidanda, anda dapat memasuki ruang kontrol tersebut dan memodifikasi atau merubah apa yang ada disitu.

Semoga dengan perumpamaan tadi anda dapat memahami apa arti dan tujuan root yang sebenrnya. Sekarang langsung kepada pokok dari artikel kmi ini, apasaja hal-hal keren yang bisa anda lakukan setelah berhasil rooting android anda? Kami akan berbagi kepada anda tentang Trik Unik Setelah Android di Root.

1. Menambah Kapasitas RAM Menggunakan Memori Eksternal

Pertama dari hal-hal keren setelah root android yaitu dapat menambah sendiri kapasitas RAM yang dimiliki android anda menggunakan memori eksternal atau umumnya dikenal dengan sebutan SWAP.

Jika anda mempunyai keluhan dengan RAM yang anda miliki, anda dianjurkan menggunakan swap untung meringankan tugas RAM di android anda.

Cara tersebut mungkin lumayan sulit diterapkan, karena mempunyai resiko boot loop pada android anda. Dalam melakukan swapping dalam memori eksternal menjadi RAM, anda membutuhkan aplikasi Xposed, Swap RAM, mempartisi eksternal memory , dan android yang sudah diroot tentunya.

2. Overclock CPU

Seperti komputer atau laptop, anda dapat juga dapat melakukaan overclocking guna meningkatkan kinerja android anda dalam memproses sesuatu.

Overclocking juga sangat membantu android anda untuk memainkan game berat ataupun berlabel HD, yang dimana sebelumnya android anda terasa lemot atau acet dalam menjalankan game tersebut. Itu semua disebaabkan Clock Speed dari processor di android anda bertambah, jadi semua perintah lebih cepat diproses.

Namun perlu diketahui, trik overclock ini beresiko menjadikan baterai android anda cepat habis. Karena dalam proses overclocking, processor android anda akan membutuhkan tenaga atau daya yang lebih. Overclock juga menyebabkan tidak awetnya perangkat anda khususnya pada bagian processor, karena dalam overclocking processor dipaksa untuk terus bekerja keras sepanjang hari.

3. Menginstall CWM atau TWRP Pada Android

CWM atau ClockWorkMod adalah salah satu fitur yang didapat setelah berhasil melakukan root pda android anda. Dengan ini anda dapat melakukan banyak hal yang “amazing” pada android, misal mengganti Custom ROM dengan mudah atau flash ulang. Adapun TWRP adalah fitur yang sama kegunaannya engan CWM, hanya berbeda di tampilannya saja.

Perlu diketahui setiap android memiliki versiCWM yang berbeda-beda. Pada intinya anda harus memilih CWM atau TWRP ykhusus untuk android anda.

4. Mengganti Custom ROM

Pada umumnya, mengganti Custom ROM merupakan alasan seseorang melakukan root. Setelah mengganti Custom ROM android anda, tampilan android anda akan berubah total dan semakin keren tentunya.

Telah banyak Custom ROM yang tersedia di forum-forum android. Anda tinggal memilih Custom ROM seperti apa yang anda inginkan dan pastinya yang sesuai dengan tipe gadget anda.

5. Memainkan Game HD Dengan Lancar

Banyak aplikasi mendukung, mempermudah, dan memperlancar android anda dalam memainkan game HD. Namun membutuhkan akses root, itulah salah satu alasan banyak pengguna android yang melakukan rooting pada androidnya.

Contohnya mengedit file game yang terdapat di sistem android anda, sebagian pengguna android yang merasa kurang dalam hal grafik dapat mengubah beberapa pengaturan yang ada di sistem android supaya game menjadi lancar.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here