Tutorial Terbaru

Cara Sharing Printer Melalui Jaringan Lan / Wifi

pintarteknologi.com – pada kesempatan kali ini saya akan share pada kalian bagaimana Cara Sharing Printer Melalui Jaringan Lan/Wifi. Sharing printer merupakan salah satu pemanfaatan dari jaringan komputer, selain bisa menghemat pengeluaran, pemanfaatan fitur printer share ini juga bisa menghemat waktu. Jadi kita tidak perlu lagi bolak-balik hanya untuk mencetak dokumen, selain itu kita juga tidak perlu menyediakan printer untuk setiap komputer.

cara sharing printers di windows

cara sharing printers di windows

Cara share printer windows 7 dibagi menjadi beberapa cara, kita tinggal menyesuaikan dengan printer yang kita gunakan, jika printer yang kita gunakan belum support wifi kita bisa sharing printer dengan cara cara sharing printer dengan lan dan jika printer yang kita gunakan sudah support jaringan wifi maka kita bisa menggunakan cara sharing printer dengan wifi.

Nah sebelum melakukan konfigurasi sharing printer terlebih dahulu kalian harus sudah menginstall driver printer pada komputer. Pastikan kabel lan sudah tersambung disemua komputer jika menggunakan LAN. Dan jika menggunakan wifi pastikan semua komputer bisa menyambung dengan wifi. Selain itu kalian harus memastikan IP Address masing-masing komputer sudah di setting dengan benar dan workgroupnya sama.

Sebelum melakukan sharing printer di windows 7 , kalian harus mengaktifkan fitur File and printer Sharing. Setelah fitur tersebut diaktifkan maka kita bisa langsung melakukan printer sharing, bagi yang belum mengerti bagaimana langkah-langkah sharing printer dibawah ini.

Cara Sharing Printer di Windows 7

1. Klik start button, kemudian pilih Devices and Printers
2. Setelah itu akan terbuka windows devices and printers. Di window kita bisa melihat hardware apa saja yang terhubung dengan komputer, salah satunya printer. Tentukan printer mana yang ingin kita sharing. Klik kanan pada printer tersebut lalu pilih properties.
3. Jika sudah terbuka window printer properties. Pilih tab Sharing pada windows tersebut.
4. Setelah itu, beri checkbox pada opsi share this printer. Kita bisa memberi nama sesuai keinginan kita kemudian klik apply. lalu Ok.
5. Nah, sekarang printer sudah berhasil di sharing dan siap digunakan oleh komputer lain yang terhubung. Kalau sudah berhasil di sharing, baru kita bisa mengakses printer tersebut.

Baca Juga :

Cara Membuat Blog / Website Gratis Dengan Mudah

Cara Ampuh Mengetahui Password Wifi dengan Android dan Laptop

Cara cek printer sudah terhubung atau belum adalah dengan cara ketikkan ip address komputer yang melakukan sharing tadi. contoh penulisan di address bar “192.168.2.7” tanpa tanda petik ya.. dan yang terpenting IP address disesuaikan dengan jaringan masing-masing.

Setelah itu akan terlihat apa saja yang telah disharing oleh komputer tersebut, salah satunya ada printer. Nah, pada printer tersebut klik kanan kemudian pilih Connect. Tunggu beberapa saat sampai proses Connecting selesai.

Setelah selesai komputer sudah bisa digunakan untuk mengakses printer yang disharing tadi. Jika tidak percaya kalian bisa tes mencetak dokumen. Biasanya sebelum mencetak kita diberikan opsi untuk memilih printer mana yang akan digunakan. Nah pada opsi ini kita pilih printer yang disharing, cirinya adalah setelah nama printer pasti tertulis IP address dari komputernya. Setelah memilih printer tersebut baru kita melakukan pencetakan dokumen.

Nah itu tadi cara sharing printer ke komputer lain. langkah diatas bisa kalian coba juga untuk sharing printer windows 8. mungkin akan ada sedikit perbedaan tapi jika kalian paham alurnya pasti kalian juga bisa melakukan share printer di windows 10. Nah itu tadi cara mudah melakukan sharing printer di windows. untuk mendapatkan informasi yang lainnya seputar trik dan tips terbaru dunia teknologi jangan ragu bookmark pintarteknologi.com sebagai referensi kalian.

Cara Sharing Printer Melalui Jaringan Lan / Wifi | Rian | 4.5
error: Content is protected !!