1. Cara Mengunci Folder di Windows Dengan Mudah – Kali ini saya akan memberikan informasi ” Cara Mengunci Folder Windows Dengan Mudah“. Sebenarnya ada banyak cara yang bisa kalian lakukan untuk mengunci folder kalian, dimana untuk menjaga sebuah privasi agar tidak diketahui oleh orang lain. Walaupun banyak di antara kalian yang sudah pandai menggunakan atau mengoperasikan laptop baik untuk bermain maupun bekerja, tetapi dapat dipastikan bahwa sebagian besar dari kalian ada yang belum mengetahui bagaimana cara mengunci folder di laptop. Mengapa kita perlu mempelajari cara mengunci folder pada komputer, cara mengunci folder pada laptop, hingga cara mengunci folder pada android? itu dikarenakan agar kita dapat menyimpan data pribadi kita agar tidak diketahui oleh orang lain. Meskipun teknik menyimpan sebuah folder ini didominasi dengan bantuan aplikasi tambahan, kalian juga bisa mengunci folder tanpa bantuan sebuah aplikasi.

Berikut Cara Mengunci Folder di Windows 7 atau 8 atau 8.1:
Pada cara ini tidak ada perangkat lunak pihak ketiga yang digunakan untuk mengunci folder privasi kalian. Kalian dapat mengikuti langkah-langkah berikut agar kalian dapat mengunci folder privasi kalian. Pertama arahkan folder kalian dimana file kalian ingin ingin diproteksi atau dikunci. Kemudian buka folder yang ingin dikunci tersebut dan klik kanan pada ruang kosong kalian dimana akan membuat dokumen teks baru. Arahkan ke “New -> Teks Document” di dalam menu kontekstual. Nantinya sebuah file teks baru akan kita buat sebagai pacuan untuk media pengunci folder. Kalian tak perlu memberikan sebuah nama pada file yang kalian buat untuk sementara ini. Klik 2x pada file “Text Document untuk membuka notepad dan kalian dapat pastekan kode yang saya berikan dibawah ini:

cls
@ECHO OFF
title Folder Locker
if EXIST “Control Panel.{21EC2020-3AEA-1069-A2DD-08002B30309D}” goto UNLOCK
if NOT EXIST Locker goto MDLOCKER
:CONFIRM
echo Are you sure u want to Lock the folder(Y/N)
set/p “cho=>”
if %cho%==Y goto LOCK
if %cho%==y goto LOCK
if %cho%==n goto END
if %cho%==N goto END
echo Invalid choice.
goto CONFIRM
:LOCK
ren Locker “Control Panel.{21EC2020-3AEA-1069-A2DD-08002B30309D}”
attrib +h +s “Control Panel.{21EC2020-3AEA-1069-A2DD-08002B30309D}”
echo Folder locked
goto End
:UNLOCK
echo Enter password to Unlock folder
set/p “pass=>”
if NOT %pass%==tulis password disini goto FAIL
attrib -h -s “Control Panel.{21EC2020-3AEA-1069-A2DD-08002B30309D}”
ren “Control Panel.{21EC2020-3AEA-1069-A2DD-08002B30309D}” Locker
echo Folder Unlocked successfully
goto End
:FAIL
echo Invalid password
goto end
:MDLOCKER
md Locker
echo Locker created successfully
goto End
:End

Setelah kalian memasukan kode yang ada di dalam file teks, kalian cari “tulis passwword disini” dan untuk mempersingkat waktu kalian dapat menekan shortcut “ctrl+f” pada keyboard dan kalian ketik “tulis password disini” pada kolom pencarian. Kemudian kalian klik tombol “Find Next”, pada langkah kali ini akan menyorot teks dan akan mencari text “tulis password disini”.

Setelah ketemu silahkan masukan password kalian, kalian dapat menggantu “tulis password disini” dengan password yang ingin kalian tulis atau isi untuk mengakses folder yang di kunci atau di lock. Setelah mengetik kata sandi yang relevan atau mudah kalian ingat, kemudian kalian klik File di kiri atas dari aplikasi notepad dan pilih Save As. Setelah kalian klik Save As, kemudian kalian pilih kolom dibawah nama folder dan kalian pilih jenis “All File”.

Setelah melewati langkah-langkah tadi, rubah folder nama file pada navigasi “Folder locker.bat”. Kemudian kalian klik Save. Selanjutnya kli 2x file bat untuk menjalankan sript pengunci folder dan kalian dapat menyimpan semua folder dan file dalam satu folder. Jika kalian ingin mengunci folder yang lain, kalian dapat menggunakan cara yang sama seperti langkah diatas. Nah sekarang kalian hanya perlu membuka file bat lagi. Kemudian akan muncul sebuah Command Promt, lalu kalian akan menjumpai pilihan antara “Y/N” kemudian ketik Y dan tekan enter pada Command Prompt tersebut. Langkat tadi akan mengunci folder yang sudah kalian pilih untuk di kunci. Untuk membuka folder, klik 2x pada file bat dan ketik password yang kalian setting sebelumnya, kemudian tekan enter untuk membuka folder yang telah kalian kunci. Apabila kalian ingin mengunci folder lain, kalian hanya perlu mengulang langkah-langkah dari step menyimpan Folder.bat. Dan hasilnya komputer atau laptop kalian akan aman dan tidak ada yang mengetahui perihal folder yang berisikan privasi kalian.

Demikian atas informasi yang dapat saya sampaikan, semoga dengan adanya informasi Cara Mengunci Folder di Windows Dengan Mudah pada laptop maupun komputer ini dapat membantu kalian.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here