pintarteknologi.com – Pada akhir pekan ini kita akan membahas Cara Mengembalikan Data yang Terhapus pada Flashdisk/Hardisk. Sebelum kalian menyimak lebih jauh, kalian pasti sudah tidak asing dengan salah satu barang yang bernama Flashdisk ? yap, Flashdisk merupakan sebuah alat penyimpanan data memori flash tipe NAND yang memiliki alat penghubung USB terintegerasi. Flashdisk sendiri memiliki ukuran yang kecil dan ringan. Salah satu kelebihan Flashdisk dari alat penyimpanan lain seperti disket atau cakram adalah ukurannya yang kecil dan memiliki kapasitas penyimpanan yang besar. Nah, setelah kalian menyimak sedikit ulasan tadi kali ini kita akan membahas cara mengembalikan file yang hilang.

File Hilang pada saat kita menyimpannya di Flashdisk memanglah sangat jengkel, karena pada file tersebut akan ada banyak file/dokumen/gambar dan video penting yang mungkin saja tidak sempat kita back up. Untuk itu kalian perlu menyimak sedikit tips mengenai “cara mengembalikan file yang terhapus permanen”. File yang sengaja maupun tidak sengaja kita hapus dapat kita kembalikan apabila kita menggunakan sebuah software/trik berikut ini. cara mengembalikan file yang terhapus permanen dapat kalian coba setelah ini, Untuk software kalian dapat menggunakan beberapa software berikut seperti :
1. SoftPerfect File Recovery, Software ini merupakan salah satu software yang dapat mengembalikan file yang hilang pada flashdisk, sd card, hardisk, dan sebangsanya(kecuali kepingan CD/DVD). Software ini dapat berjalan pada OS 32/64-bit pada Win7, Vista, XP, Server 2008 & 2003, 2000, NT, ME, 98, dan 95.
2. Pandora, merupakan salah satu software yang dapat mengembalikan file yang terhapus. Untuk tampilan yang dimiliki software ini sangat friendly dan cocok untuk pemula seperti saya. Pandora dapat bekerja pada beberapa OS seperti Win7, Vista XP, Server 2003, dan 2000.
3. Recuva, Recuva juga merupakan salah satu softwa yang dapat mengembalikan file yang hilang. Kelebihan dari software ini adalah dapat mengembalikan file yang telah lama hilang dari flashdisk, hardisk, kepingan BD/CD/DVD, dan sd card. Recuva juga memiliki versi portable-nya.
4. Dan masih banyak lagi seperti Puran File Recovery dan Glary Undelete yang emuliki fungsi yang sama dab untuk Puran File Recovery dapat berjalan pada Win8.

Kalian dapat mengikuti langkah-langkah dari berbagai web lain mengenai “cara mengembalikan file yang terhapus di laptop” atau kalian juga bisa memakai salah satu software diatas yang telah saya informasikan sebelumnya. Sebenarnya “cara mengembalikan file yang terhapus di laptop” bisa dikatakan mudah karena kalian hanya dapat mengikut langkah-langkah yang dicontohkan oleh penyedia software tersebut.

Baiklah kalian bisa mengikuti langkah-langkah “cara mengembalikan data yang terformat” berikut ini. Perlu sedikit saya tekankan lagi agar kalian menyimak dan mengikuti setiap alur dengan baik dan benar. Oke, berikut cara mengembalikan data yang terformat :

Baca Juga :

1. Pertama kalian buka Data Reovery Wizard Free, kalian targetkan pada file yang akan kalian operasikan saja kemudian kalian centang pada pilihan file gambar.
2. Pilih Lokasi, terdapat 3 pilihan lokasi reovery yakni Desktop, Libraries, dan Harga Disk Drives atau flash juga bisa.
3. Pada tahap ini akan dipindai atau di scan, untuk prosesnya dapat dihentikan dengan sementara dengan alasan faktor kelaparan, kebelet, atau pada saat disuruh emak kita untuk membeli beras.
4. Kemudian pada tahap ini akan dilakukan “deep scan”. Deep scan sendiri dalah proses memindai untuk melakukan pencarian file yang hilang, proses ini akan memakan waktu yang dapat saya katakan cukup lama.
5. Nah, pada tahap ini kalian akan bertemu pada file lama kalian yang telah hilang, pilih tombol recover pada pojok kanan bawah dan centa file yang ingin kalian selamatkan.
6. Done, kalian telah berhasil mengikuti langkah – langkah cara mengembalikan file yang hilang dan file kalian telah berhasil kembali dengan selamat.

Apabila kalian mengikuti langkah-langkah diatas dengan benar, makan kalian akan dapat mengembalikan file yang terhapus. Apabila file kalian terhapus dengan sengaja atau tidak disengaja, jangan panik karena kalian dapat mengembalikan file yang terhapus tersebut dengan menggunakan beberapa tools/software pembantu yang telah saya sebutkan sebelumnya.

Cara mengembalikan file yang terhapus di flashdisk ? kalian dapat melakukannya dengan mengikuti beberapa tutorial pada beberapa website imana website tersebut menyediakan software untuk mengembalikan file yang telah hilang. Untuk cara mengembalikan data yang terformat di flashdisk tanpa software mungkin kalian dapat menyimak pada beberapa website/blog dimana mereka memberikan tips atau trik mengenai cara mengembalikan data yang terformat di flashdisk tanpa software. Untuk penggunaan tanpa software biasanya lebih aman karena tidak menginstal software apapun.

Kalian pasti juga pernah memformat partisi kalian akan tetapi kalian lupa kalau pada partisi tersebut terdapat file yang berharga. Kalian tak perlu galau, risau, bahkan sampai ingin bunuh diri karena kali ini ada sedikit tips mengenai “cara mengembalikan partisi yang terformat”. Kalian bisa menggunakan “Recovery Wizard” untuk mengembalikan partisi yang hilang dan langkah-langkahnya telah saya berikan sebelumnya.

Cara mengembalikan data yang terformat pada memory card juga dapat kalian implementasikan dengan menggunakan Recovery Wizard Free. Karena Recovery Wizard Free dapat diimplementasikan pada cara mengembalikan data yang terformat pada memory card. Begitu pula dengan OS-OS lain, seperti pada Windows7 juga bisa di implementasikan untuk cara mengembalikan data hardisk yang terformat pada windows 7 dengan menggunakan Recovery Wizard Free. Karena trik cara mengembalikan data hardisk yang terformat pada windows 7 tidak jauh berbeda dengan os bawaan lainnya.

Demikian informasi cara mengembalikan hardisk yang terformat yang dapat saya berikan, semoga dengan adanya informasi cara mengembalikan hardisk yang terformat ini bisa membantu kalian untuk mengembalikan file kalian yang telah hilang baik dengan sengaja maupun tak disengaja.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here