komputer-lemot

Cara Mengatasi Komputer Lambat – Dalam era perkembangan zaman seperti ini komputer bukan lagi hal yang tabuh, hampir setiap orang memiliki komputer untuk menunjang pekerjaan yang dilakukannya sehari-hari. Namun terkadang kebanyakan orang bingung ketika perangkat komputer yang digunakannya mulai lambat. Kebanyakan orang yang tidak memahami mengenai perangkat komputer pastinya akan kebingungan untuk mencari cara mengatasi komputer yang lambat.

Sebenarnya cara memperbaiki komputer lambat cukup simple, karena pada dasarnya perangkat komputer hanya memerlukan perawatan secara berkala dan sedikit tune-up sederhana. Jika memang telah dilakukan perawatan pada perangkat komputer namun masih lemot coba cek  kapasitas hardware yang ada pada komputer kalian.

Namun bisa saja terjadi kesalahan pada sistem operasi windowsnya, nah jika ini terjadi kalian harus tau bagaimana cara mengatasinya karena cara mengatasi komputer lemot windows 7 dengan cara mengatasi komputer lemot pada windows 8 itu berbeda. Namun jika memang tidak bisa diperbaiki langkah paling akhir adalah dengan cara install ulang windows. Namun jangan terburu-buru melakukan cara ini karena masih banyak cara lain yang bisa dilakukan.

Cara untuk memperbaiki komputer lambat

1. Komputer Lambat Karena Kekurangan Memory

Masalah komputer lambat karena kekurangan Memory yang terpasang memang bukan lagi hal yang baru dalam permasalah komputer, karena masalah ini juga sudah diketahui oleh hampir seluruh pengguna komputer.

Untuk itu jika kalian akan menginstal sistem operasi dan aplikasi alangkah lebih baiknya kalian mencari tau berapa kapasitas RAM yang terpasang di dalam komputer atau laptop kalian.  Sebagai contoh untuk komputer setara Intel Pentium 4 sebaiknya kalian menggunakan OS Windows XP dan menggunakan RAM minimum 2GB. Namun jika kalian menggunakan processor sekelas Core i5, kapasitas RAM yang ada pada komputer kalian minimal harus 4GB, karena dengan RAM sebesar itu akan memungkinkan kalian menggunakan sistem operasi windows 64bit.

2. Komputer Lambat Karena Banyak Aplikasi yang Terinstall

Kebanyakan pengguna komputer masih sering menginstall beranekaragam aplikasi tanpa mengetahui apa akibat dari hal yang dilakukanya. Terkadang penyebab komputer lemot bisa jadi karena terlalu banyak aplikasi yang di install.

Cara mengatasi komputer yang lambat karena terlalu banyak aplikasi yang diinstall cukuplah mudah yaitu dengan cara buka control panel kemudian masuk dalam Add/Remove Program nah disitu kalian bisa memilih mana saja program yang tidak dipakai, setelah melist beberapa program yang hanya berfungsi sebagai hiasan semata sebaiknya kalian melakukan uninstall program untuk mencegah komputer lemot.

3. Komputer Lambat Karena Terlalu Banyak Startup Program Berjalan

Masalah yang terjadi di nomer 3 ini masih berkaitan dengan point nomer 2 yang saya sebutkan tadi. Ketika semakin banyak program yang terinstall maka semakin banyak pula program dan service yang akan dijalankan windows ketika startup.  Ketika terlal banyak program ya dijalankan nantinya pasti akan berimbas pada loading yang lemot karena banyak pada dasarnya komputer akan menerima interrupr dari program yang memiliki prioritas dan akan menghentikan secara sementara program yang lain.

Namun kamu tidak perlu khawatir karena cara mengatasi komputer lambat loading cukup mudah. Kalian bisa masuk dalam “System Configuration Utility” dengan cara membuka run kemudian ketikkan msconfig. Jika sudah nantinya akan muncul jendela sevice dan startup lakukan uncheck pada aplikasi-aplikasi yang memang tidak diperlukan.

Selain dengan cara masuk dalam system windows kalian juga bisa menggunakan tool Process Explorer. Tool ini memiliki fungsi untuk melihat dan menonaktifkan aplikasi apa saja yang memang tidak diperlukan oleh komputer atau dicurigai sebagai virus.

4. Komputer Lambat Karena Terlalu Banyak Temporary File

penyebab komputer lambat yang selanjutnya adalah karena sudah terlalu banyaknya file-file temporary yang ada pada system. kalian tidak usah bingung bagaimana cara mengatasi komputer lemot karena terlalu banyak file temporary. Kalian hanya perlu mengecek versi dari windows yang kalian pakai. Jika kalian menggunakan Windos XP maka biasanya file temporary berada pada C:\Documents and Settings\\LocalSettings\Temp. Namun berbeda dengan windows 7, jika kalian ingin mencari file temporary pada Windows 7 maka kalian akan menemukannya di C:\Users\\AppData\Local\Temp.

Cara untuk membersihkan file temporary cukuplah mudah kamu hanya perlu mengetikkan “cleanmgr” pada start-run. atau bisa juga menggunakan software celan untuk mempercepat komputer yang lambat dengan cara membersihkan registry yang tidak diperlukan.

5. Komputer Lambat Karena Banyak Program yang Berfungsi sebagai Security Program

Security program seperti program antivirus atau firewall merupakan aplikasi tambahan yang memang harus ada pada komputer, tapi janganlah terlalu berlebihan dalam menggunakannya misal saja kamu menginstall 2-3 program antivirus sekaligus, yang ada bukannya komputer yang kamu miliki menjadi cepat karena terbebas dari virus malah sebanliknya, komputer akan menjadi lambat karena program-program seperti itu akan memakan cukup banyak RAM pada komputer yang kamu miliki.

Untuk masalah security windows sebenarnya cukup satu program saja dengan catatan kamu harus melakukan update dan kamu juga harus tau mana antivirus ang akan membebani komputer dan membuat komputer lambat, cari antivirus yang tidak memakan cukup banyak memori seperti Avast dst.

6. Komputer Lambat Karena Adanya Virus

Apabila komputer sudah terinfeksi virus atau malware, biasanya kinerja komputer lambat. Jika sudah seperti ini sebaiknya kalian masuk pada safe mode dan matikan fasilitas system restore kemudian gunakanlah program virus cleaner seperti Norman Malware Cleaner untuk membersihkan virus yang menyerang komputer kalian.

7. Komputer Lambat Karena System Files Corrupt atau Hilang

Masalah yang sering terjadi ketika kinerja komputer lambat adalah setelah terinfeksi oleh virus, biasanya ada saja system file yang terjangkit virus dan akhirnya terhapus oleh antivirus. Solusinya cukup mudah, kamu hanya tinggal melakukan repair pada sistem operasi yang kamu gunakan.

8. Komputer Lambat Karena Hardware Overheat

Hardware Overheat baik itu pada hardisk, VGA Card, Processor ataupun CPU bisanya akna berimbas pada melambatnya kinerja dari komputer. Komputer biasanya akan hang, lambat atau bahkan bisa saja komputer melakukan restart secara otomatis. Untuk mencegah terjadinya overheat pada komputer sebaiknya kamu memastikan sirkulasi udara pada bagian CPU berjalan dengan baik, begitu juga dengan fan harus bersih dari debu yang bisa menghambat perputarannya.

9. Komputer Lambat Karena Masalah Konektifitas pada Jaringan

Bisa saja komputer menjadi lambat karena traffic network yang tinggi, hub atau switch yang hang atau adanya virus yang mencoba menerobos sistem komputer. Jika semua ini terjadi tidak menutup kemungkinan loading komputer kalian akan lambat.

cara memperbaiki komputer yang loadingnya lambat karena masalah diatas adalah dengan cara melepas dan kemudian memasang kembali konektor RJ45 pda Lan Card atau kamu bisa melakukan reset pada switch / hub dan gunakan program port scanner untuk melihat packet data apa saja yang keluar masuk dari komputer kita.

Nah itu tadi beberapa penyebab komputer lemot dan cara mengatasi komputer lemot yang bisa kalian lakukan. Sebenarnya masalah diatas merupakan masalah yang masih bisa diselamatkan tanpa harus menginstal ulang sistem operasi yang ada pada komputer kalian. Semoga cara diatas bisa bermanfaat untuk kalian semua yang sedang mengalami masalah dengan komputer kalian.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here