pintarteknologi.com – Pada akhir pekan kali ini kita akan membahas bagaimana Cara Memperkecil Ukuran Video Tanpa Mengurangi Kualitas. Mungkin kalian sudah memahami bagaimana cara memperkecil ukuran video tapi bagaimana dengan kualitas yang diberikan, apakah tidak berubah atau malah mengurangi kualitas video tersebut ? Nah dari permasalahan tersebut akan kita bahas kali ini. Sebenarnya cara compress video dapat kalian lakukan dengan banyak cara, salah satunya menggunakan software editing untuk editing Video seperti Ulead/ Corel Video, Camptasia, Bandicam, Handbrake, Adobe Premiere, dan masih banyak lagi. Dengan menggunakan beberapa software yang saya sebutkan tadi kalian dapat mengedit Video kalian sesuai selera kalian, apabila kalian kurang memahami betul cara compress video, kalian dapat menyimak artikel berikut.

Apabila kalian ingin meng- kompres video dengan mudah, kalian dapat menyimak bagaimana cara-cara meng- kompres video. Kompres video juga tidak terlalu memerlukan skill khusus, karena semua dapat belajar bagaimana meng- kompres video dengan baik dan benar. Pada saat ingin meng- kompres video, kalian harus memilih video mana yang akan kalian kompres. Berikut cara kompres video :
1. Sebelum melakukan tahap – tahap cara kompres video, ada baiknya kalian menyediakan Video yang ingin kalian kompres kemudian download software nya terlebih dahulu. Kali ini kita akan membahas cara kompres video menggunakan software Handbrake.
2. Install software Handbrake seperti biasa dan ikuti langkah-langkah menginstall software tersebut.
3. Setelah aplikasi Handbrake terinstall, buka aplikasi Handbrake tersebut kemdian klik “Source” -> “File” maka akan muncul sebuah kotak untuk memilih Video yang ingin kalian compres. Kemudian cari lalu pilih video yang akan kalian kompres, apabila kalian telah memilih Videonya lalu kalian klik -> “Open”.
4. Harap bersabar, karena pada tahap ini video kalian akan di Scanning untuk beberapa saat.
5. Setalah di Scan, pada tab video berikut ini silahkan kalian pilih pada kotak “Video Codec”. Sebagai contoh pilih “H.264(X264)”.
6. Pada langkah kali ini, kalian akan beraad pada kolom destinasi. Kalian ketik nama output kemudian klik browse URL untuk memilik pemyimpanan direktori videonya untuk penyimpanan output videonnya.
7. Harap bersabar hingga proses Encode-nya pada beberapa saat, lama tidaknya pada langkah ini tergantung dari size atau ukuran video yang kalian kompres.
8. Apabila telah berhasil maka akan muncul tulisan “Queue Finished” yang menandakan proses Encode-nya telah selesai.
9. Done, video kalian telah berhasil kalian kompres dan kalian telah berhasil mengikuti langkah-langkah cara kompres video.

Cara mengkompres video diatas sangatlah simpel. Dapat kalian simak sendiri bahwa cara mengkompres video tidak memerlukan ketrampilan khusus, karena cara mengkompres video diatas sangatlah simpel apabila kalian mengikuti langkah-langkahnya dengan baik.

Dengan mengikuti langkah lankah diatas kalian dapat mengetahui bagaimana cara memperkecil ukuran video. Cara memperkecil ukuran video diatas tidak mempengaruhi kualitas video kalian. Jadi kalian tidak perlu takut apabila video yang kalian kompres nanti dapat berkurang kualitasnya.

Cara mengecilkan ukuran video juga dapat kalian simak pada beberapa website atau blog yang ada. Rata-rata orang yang mencari informasi bagaimana Cara mengecilkan ukuran video berasal dari orang yang gemar mengedit atau membuat sebuah video. Agar video mereka tidak terlalu besar dan agar menghemat kuota(bagi mereka yang menggunakan paket data/kuota), pastinya mereka akan mencari alternatif lain untuk mengecilkan ukuran video mereka.

Untuk aplikasi kompres video sebenarnya ada banyak apabila kalian ingin mencari aplikas tersebut. Aplikasi kompres video yang saya ketahui saat ini adalah beberapa aplikasi yang telah saya sebutkan sebelumnya, salah satunya “Handbrake”. Aplikasi kompres video telah terbukti kinerja dan kualitasnya. Kalian dapat mengunduh aplikasi kompres video Handbrake ini pada beberapa website yang menyediakan aplikasi kompres video “Handbrake”.

Baca Juga :

Memperkecil ukuran video dapat kalian coba dengan mengikuti langkah-langkah diatas. Apabila kalian telah mengikuti langkah-langkah di atas, maka kalian telah berhasil memperkecil ukuran video kalian tanpa mengurangi kualitas asli dari video tersebut.

Banyak dari mereka yang bingung bagaimana cara mengecilkan size video. Mereka yang belum mengetahui bagaimana cara mengecilkan size video pasti akan mengunakan beberapa software video lainnya. Akan tetapi dari beberapa software editing video, ada beberapa yang dapat mempengaruhu kualitas dari video yang sedang di kompres.

Untuk cara kompres video tanpa software, juga masih kurang diketahui oleh banyak orang. Hanya saja mungkin ada beberapa orang yang telah mengetahui cara kompres video tanpa software tapi tidak dipublikasikan. Cara kompres video tanpa software dapat dilakukan tanpa bantuan software apapun. Namun sampai saat ini saya juga masih belum mengetahui bagaimana cara kompres video tanpa software. Mungkin dari kalian ada yang berbaik hati dengan memberikan informasi dan ilmunya bagaimana cara kompres video tanpa software agar dapat berguna bagi banyak orang.

Nah untuk saat ini kalian dapat juga melakukan kompres video online. Ada beberapa website yang menyediakan software yang dapat melakukan kompres video online. Software kompres video online antara lain Iskysoft Imedia, Zamzar.com, Cloud Convert, dan Convert.Files. Kalian dapat melakukan kompres video online dengan menggunakan 4 software yang saya sebutkan sebelumnya. Jadi kalian dapat meng- kompres video online dengan mudah.

Demikian atas informasi yang dapat saya berikan, semoga dengan adanya informasi ini dapat membantu kalian untuk melakukan kegiatan yang ada hubungannya dengan Video editing. Semoga bermanfaat dan selamat beraktivitas.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here