Tutorial Terbaru

Cara Memperbaiki Flashdisk yang Rusak

Cara Memperbaiki Flashdisk yang Rusak – Flashdisk merupakan salah satu tempat penyimpanan portable untuk sebuah data baik berupa file dokumen, video, musik, dan beberapa jenis file lainnya. Flashdisk juga memiliki banyak jenis ukuran tempat penyimpanan mulai dari 2GB, 4GB, 8 GB, 16GB, 32GB, 64GB, bahkan sekarang telah diluncurkan Flashdisk yang memiliki kapasitas penyimpanan sebesar 2TB. Untuk kejadian yang sering terjadi pada Flashdisk adalah gagal pada saat transfer, tidak dapat menyimpan file atau file corrupt. Nah kali ini saya akan memberikan beberapa tips mengenai Cara Memperbaiki Flashdisk yang Rusak.

Kejadian tersebut sudah sering terjadi di kalangan pelajar atau mahasiswa dimana flashdisk tidak terbaca pada saat dihubungkan ke perangkat USB pc atau laptop. Kali ini saya akan memberikan beberapa tips untuk Cara memperbaiki flashdisk yang rusak:

A. Cara Memperbaiki Flashdisk yang Rusak :
1. Pertama kalian sambungkan flashdisk kalian ke port USB pada PC atau laptop kalian.
2. Kemudian klik menu Start, kemudian Run dan tekan enter.
3. Kemudian kalian ketik “compmgmt.msc”.
4. Lankah selanjutnya untuk cara memperbaki flashdisk yang rusak berikutnya adalah, muncul jendela compmgmt kemudian klik program tersebut.
5. Kemudian kalian pilih menu storage yang berada di tengah, kemudian pilih Disk Management.
6. Apabilah kalian melakukan langakh-langkah Cara memperbaiki flashdisk diatas dengan benar, maka flashdisk kalian akan kembali terdeteksi.
7. Setelah itu klik kanan dan pilih menu Creat partition.
8. Setelah itu format flashdisk kalian, akan tetapi sebelum kalian memformart flashdisk kalian, kalian harus mempertimbangkannya kembali dan pastikan kalian memiliki back-up file.
9. Untuk Cara format flashdisk sangatlah mudah. Buka Windows Explore kemudian klik kanan format. Maka file yang ada di Flashdisk kalian akan terhapus seluruhnya.

 

Baca Juga :

 

Kemudian saya akan memberikan sedikit tips Cara memperbaiki flashdisk yang tidak terbaca.

B. Cara Memperbaiki Flashdisk yang tidak terbaca :
1. Pertama kalian inputkan Flashdisk kalian ke laptop atau komputer kalian.
2. Selanjutnya kalian buka Start lalu pilih Control Panel.
3. Kemudian ganti penampilan jadi klasik mode(switch to classic mode) dan klik “add hardware”
4. Setelah kalian melakukan langkah diatas, akan muncul sbuah kotak dialog kemudian kalian klik next.
5. Kemudian kalian akan mendapatkan 2 pilihan, yang pertama “yes, i have already connected the hardware” dna kedua “no, i have not added the hardware yet”. Kalian pilih opsi “Yes”.
6. Maka setelah memilih opsi “yes”, sistem komputer kalian akan mengecek adanya keberadaan perangkat keras eksternal yaitu flashdisk yang sudah kalian hubungkan pada pc atau laptop tetapi masih belum terdeteksi oleh pc atau laptop kalian. Apabila sudah terdeteksi oleh pc atau laptop makan akan muncul autorun. Dengan munculnya autorun ini makan menyatakan bahwa kalian telah berhasil. Apabila kalian ingin memperoleh koneksi USB Drive lebih cepat, akan muncul icon “Removable hardware” pada system tray dan baru umcul di drive baru di Windows Explore atau My Computer.
7. Apabila muncul pendeteksian seperti itu, klik cancel pada penampilan selanjutnya.

Semakin berkemangnya teknologi, flashdisk pun tak hanya bisa di hubungkan ke pc atau laptop. Sekarang Flashdisk juga bisa di hubungkan ke Hp atau bisa di sebut sebagai flashdisk HP. Apabila kalian ingin menghubungkan Flashdisk kalian ke HP maka kalian membutuhkan sebuah konektor khusus yang mana memiliki fungsi untuk menghubungkan ke HP. Apabila kalian mengalami masalah flashdisk corrupt atau flashdisk tidak bisa diformat, kalian bisa melakukan langkah-langkah diatas untuk memperbaiki flashdisk kalian.

Demikian atas tips dan informasi yang dapat saya sampaikan, semoga dengan adanya informasi cara memperbaiki Flasdisk yang rusak ini dapat membantu kalian dan semoga informasi ini dapat bermanfaat. Sekian dan terimakasih.

Cara Memperbaiki Flashdisk yang Rusak | Rian | 4.5
error: Content is protected !!