Cara membuat bootable flashdisk Windows – Bagi kalian pengguna Netbook yang tidak dilengkapi dengan DVD-ROM, tentu akan kebingungan mencari cara install windows. Ada yang perlu kalian ketahui, selain menggunakan dvd/cd kita bisa menginstall windows melalui bootable USB. Cara install windows dengan flashdisk saat ini memang lebih banyak dipilih karena lebih praktis dari pada harus membuat bootable cd/dvd.

membuat bootable flashdisk ada dua cara yaitu cara membuat bootable flashdisk tanpa software dan cara membuat bootable flashdisk dengan software. Pada kesempata kali ini saya akan mencoba mengulas cara membuat bootable windows tanpa software agar nantinya ketika kalian akan membuat bootable flashdisk windows kalian tidak perlu repot-repot untuk mencari-cari bagaimana cara membuatnya.

Cara membuat bootable flashdisk Windows Tanpa Software

Pertama siapkan dulu USB Flashdisk yang akan digunakan beserta file ISO installer Windows. Setelah semua tersedia tancapkan flashdisk pada laptop atau PC kalian.

Setelah terdeteksi kemudian buka Run (Win + R), Ketikkan Diskpart, lalu tekan Enter.

kotak dialog CMD diskpart akan terbuka, ketikkan list disk, tekan enter

Nah kali ini akan muncul beberapa list disk. Cari flashdisk yang tadi sudah kalian tancapkan dengan cara melihat ukuran flashdisk tersebut. Dalam contoh ini USB Flashdisk ada pada Disk 3. Jika sudah kemudian ketikkan select disk 3, Enter

Ketikkan clean lalu tekan Enter untuk menghapus partisi, file system dan data yang masih tersimpan di USB flashdisk.

Setelah itu ketikkan create partition primary, Enter

Setelah itu jadikan partisi tersebut sebagai partisi active dengan cara mengetikkan active, Enter. Pastikan partisi sudah berhasil di set active.

Sealnjutnya format partisi tersebut dengan file system FAT32. Caranya cukup ketikkan format fs=fat32 label=black_blox, Enter (Ubah nama sesuai keinginan kalian)

Setelah berhasil maka flashdisk kamu sudah menjadi primary yang aktif dan bootable.

Cara selanjutnya kalian mount saja file ISO windows dan copy semua isinya ke Flashdisk terebut.

Setelah semua isi tercopy ke dalam flashdisk, maka flashdisk tersebut siap untuk kamu gunakan untuk menginstall windows. Namun untuk cara booting lewat flashdisk bisa kalian lihat di bagian cara install windows. bootable usb yang telah kalian buat tadi juga bisa digunakan untuk install windows 7 dengan flashdisk.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here