Tutorial Terbaru

Cara Install Windows 7 dengan Flashdisk

Cara Install Windows 7 dengan Flashdisk – Pada artikel kali ini kami akan membahas mengenai cara install windows 7 pada komputer ataupun pada laptop. Bukan rahasia umum jika Windows 7 hingga saat ini masih disukai oleh banyak orang. Meskipun sudah ada generasi terbaru dari windows yakni windows 8 dan 10 tapi nama windows 7 masih tetap populer. Semua itu karena sistem operasi windows 7 ini terlihat lebih user friendly jika dibandingkan dengan generasi terbarunya.

Windows 7 sendiri sudah dirilis oleh pihak Microsoft pada tanggal 22 Oktober 2009. Meskipun sudah terdapat versi terbaru yaitu windows 8 dan 10 tapi masih banyak yang jatuh hati pada windows 7 ini. Hingga saat ini windows 7 masih banyak digemari dan banyak juga orang yang mencari tentang bagaimana cara menginstal windows 7 di komputer atau laptop.

Kami membuat artikel ini untuk  membantu teman-teman yang belum tau bagaimana cara menginstall windows 7 dengan baik dan benar. Sebelum kita berlanjut pada langkah-langkah menginstal windows 7 ada beberapa hal yang perlu kalian siapkan.

  • Siapkan Flashdisk yang sudah terisi bootable windows 7,  karena kita akan belajar cara install windows 7 dengan flashdisk. Jika kalian belum tau bagaimana cara membuat bootable windows pada flashdisk, kalian bisa lihat caranya disini : Cara membuat bootable windows dengan flashdisk
  • Setting BIOS agar bisa membaca booting dari flashdisk
  • Jika kalian akan menginstall windows 7 di laptop maka saya sarankan agar kalian mengconnectkan cargher laptop agar pada saat install windows 7 laptop tidak kehabisan daya.
  • Dan yang terakhir, yang terpenting adalah siapkan camilan dan secangkir kopi. kalo kalian gak suka kopi boleh lah yang lain ini semua berguna agar kalian tidak bosan saat menunggu proses installasi windows 7. Oke langsung saja berikut cara install windows 7.

Cara Install windows 7 Dengan Flashdisk

1. Masukkan flashdisk yang sudah ada bootable windows 7 tadi ke laptop atau komputer yang akan di install.

2. Nyalakan laptop atau komputer, saat awal masuk pertama jangan lupa untuk terlebih dahulu mensetting BIOS untuk mengatur booting agar laptop atau komputer bisa membaca flashdisk. Untuk masuk BIOS kalian bisa menekan tombol DEL, namun pada beberapa merk BIOS lain ada yang menggunakan F2, F1, ESC atau F10 untuk bisa masuk ke dalam konfigurasi BIOS.

cara-install-windows-7

Setelah masuk kemudian atur booting awal melalui USB Flash, Pilih exit & save (yes), maka komputer akan secara otomatis merestart.

3. Selanjutnya akan muncul perintah untuk press any key untuk memulai proses instalasi

press-any-key

4. Ketika proses installasi dimulai maka akan muncul box seperti dibawah ini. silahkan pilih Indonesia pada Time and currency format. untuk language to install dan Keyboard or input method biarkan saja default. kemudian klik next

atur-waktu

5. untuk memulai installasi windows 7. klik Install now

6. Centnag I accepted the license terms, kemudian pilih Next.

7. Kemudian pilih Custom (Advaced).

8. Setelah kalian klik next maka akan muncul kotak dialog seperti dibawah ini. ketika Disk masih utuh, tugas kalian kali ini membagi disk kalian. Untuk awal kita akan mencoba menggunakan 2 partisi, satu partisi untuk system dan satu partisi digunakan untuk penyimpanan data.

Cara install windows 7 ini sebenarnya hampir sama dengan cara install ulang windows 7 namun bedanya saat ada pilihan hardisk kalian tinggal memilih dimana installasi yang lama berada kemudian klik format.

setelah sudah ditentukan maka pilih salah satu partisi yang akan digunakan sebagai tempat system kemudian pilih next.

9. Disini proses installasi windows 7 telah berjalan dan akan memakan waktu yang cukup lama. kalian bisa menunggunya dengan memakan cemilan yang telah disiapkan tadi sambil bersantai hehehe..

selama proses instal windows 7 jangan kaget jika komputer akan reboot / restart dengan sendirinya.  Ketika installasi windows restart maka jangan menekan tombal apapun. jika kalian menekan tombol maka kalian harus mengulang proses installasi dari awal lagi.

10. Langkah selanjutnya yaitu memasukkan nama pengguna dan nama komputer. Kemudian pilih Next.

11. Langkah selanjutnya adalah membuat password untuk memproteksi akun windows kalian dari tangan-tangan jahil hehehe.. Disitu kalian juga akan disuruh untuk memasukkan password hint, password hint ini berfungsi untuk membantu kalian ketika kalian lupa password windows.

12. Pada langkah ini kalian disuruh untuk memasukkan product key windows 7, tapi jika kalian tidak memiliki product key windows 7 kalian bisa melanjutkannya tanpa memasukkan produck key, namun kalian akan menikmati masa trial selama 30 hari.

13. Untuk Windows Update saya sarankan agar memilih Ask me later. Namun jika kalian menggunakan Windows 7 original kalian bisa memilih use recomended setting. Tapi jika tidak saya sarankan agar memilih Ask me later.

14. Untuk Time zone/zona waktu. Pilih (UTC +07:00) Bangkok, Hanoi, Jakarta

15. Langkah berikutnya yaitu menentukan lokasi jaringan. Silahkan pilih Public network.

16. Jika tadi kalian memproteksi windows dengan password, kali ini kalian harus memasukkan password dulu sebelum masuk ke layar desktop dari windows.

17. Done. Akhirnya kalian telah bisa menginstall windows 7 dengan baik dan benar. Selamat ya hehehe.

Sebenarnya selain menginstall windows 7 dengan flashdisk ada cara lain yakni menggunakan DVD atau CD namun cara itu saat ini sudah jarang digunakan karena kalian harus membuat bootable di cd dan itu memakan waktu yang cukup lama dan lumayan ribet.

Semoga tulisan sederhana ini bisa bermanfaat dan juga dipahami. Jika saat kalian melakukan install windows 7 dan menemui kendala jangan sungkan-sungkan untuk bertanya melalui kolom komentar yang telah tersedia.

Cara Install Windows 7 dengan Flashdisk | Rian | 4.5
error: Content is protected !!